Jakarta

Perjalanan mudik di H-5 Lebaran 2024 menjadi salah satu waktu yang paling banyak dipilih masyarakat Indonesia untuk mudik ke kampung halaman. Terutama bagi kalangan pekerja di wilayah Jabodetabek.

detikcom turut melakukan perjalanan mudik ke Semarang, Jawa Tengah, pada Jumat (5/5/2024) malam dengan moda transportasi bus. Keberangkatan dimulai dari kawasan Tebet, Jakarta Selatan, sekitar pukul 20.15 WIB.

Pada pukul 20.30 WIB, bus yang didominasi oleh penumpang dari kalangan pekerja yang baru pulang kerja itu mulai masuk ke Tol Jakarta-Cikampek (Japek). Saat itu, lalu lintas terpantau masih sepi dan lengang.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sesekali melewati rest area terpantau cukup banyak disinggahi pengguna jalan tol untuk beristirahat. Sementara itu, kondisi lalu lintas mulai dipadati kendaraan yang didominasi oleh kendaraan pribadi. Dilihat dari plat nomornya, kebanyakan merupakan pemudik dari Jakarta.

Rekayasa lalu lintas berupa contra flow mulai diterapkan pada hari itu sejak pukul 14.00 WIB siang. Seperti ketika memasuki Km 55 Tol Cikampek, pada jalur yang diterapkan contra flow terpantau ramai lancar. Kendaraan mulai banyak yang memasuki jalur tersebut.

Kemudian bus masuk ke Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) yang mulai dipadati kendaraan. Sekitar pukul 22.10 WIB, kondisi lalu lintas mulai mengalami kemacetan, terpantau sekiranya dari Km 82 kemacetan mengular sampai sekiranya Km 86. Kemacetan paling parah terjadi di dekat rest area.

Bus relasi Jakarta-Semarang itu kemudian baru bisa keluar dari kemacetan sekitar pukul 22.50 WIB ketika bus memilih masuk ke jalur one way. Seperti diketahui, rekayasa lalu lintas berupa one way juga sudah diterapkan di Tol Cipali sejak kemarin malam.

Perjalanan mudik ke Semarang H-5 Lebaran 2024One way di Tol Cipali (Foto: Widhia Arum/detikcom)

Pada pukul 01.30 WIB, bus keberangkatan H-5 lebaran itu baru keluar dari Tol Kanci-Pejagan. Padahal bus diestimasikan sampai di Semarang pukul 02.00 WIB, namun harus mengalami keterlambatan imbas kemacetan sekitar satu jam di jalan tol sebelumnya.

Sebagai informasi, perjalanan dari Jakarta ke Semarang dengan moda transportasi bus biasanya memiliki estimasi sekitar 6-7 jam. Ini berlaku apabila kondisi lalu lintas normal. Berbeda ketika pada masa arus mudik seperti libur lebaran kali ini.

(wia/fas)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *