Jakarta

Massa aksi bela Palestina melakukan long march dari depan Kedubes Amerika Serikat (AS) ke kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat. Dengan jarak sekitar satu kilometer, mereka berjalan kaki sambil berunjuk rasa suarakan Palestina bebas dari penjajahan Israel.

Pantauan detikcom, Jumat (5/4/2024) massa aksi mulai berjalan ke arah Patung Kuda sekitar pukul 16.50 WIB. Mereka berjalan dengan membawa atribut bendera Palestina, pakaian serba hitam, hingga memakai kaffiyeh.

Sesampainya di Patung Kuda, mereka langsung berkumpul di sisi sebelah timur. Massa aksi kembali berorasi menyerukan tuntutannya atas kekejaman Israel terhadap Palestina.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Seorang massa aksi Mira Al Muhdor mengatakan, alasannya ikut aksi ini adalah untuk menyerukan kebebasan Palestina dari Israel. Dia ingin bangsa Palestina menerima semua haknya tanpa terkecuali.

“Kami ingin serukan kebebasan Palestina sepenuhnya tanpa ada ceasefire. Jadi kami minta hak rakyat Palestina secepat mungkin,” serunya saat ditemui detikcom.

Mira juga mengungkapkan alasan massa aksi berunjuk rasa di depan Kedubes Amerika Serikat lantaran di Indonesia tak ada Kedubes Israel. Sedangkan Amerika Serikat adalah negara yang menopang gerakan-gerakan Israel.

“Yang paling mendukung gerakan Israel adalah Amerika, jadi kami memulai protes di Kedubes Amerika,” jelasnya.

Setelah massa aksi bela Palestina menggelar long march, mereka lalu membubarkan diri. Massa meninggalkan tempat dengan berjalan menuju stasiun atau halte terdekat, beberapa diantaranya juga ada yang pulang memakai kendaraan pribadi.

(aik/aik)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *