Jakarta

Gempa bumi magnitudo (M) 7,4 yang mengguncang Taiwan menyebabkan 9 orang meninggal dunia, longsor, hingga jalan rusak. Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi memastikan tak ada WNI yang jadi korban gempa Taiwan.

“Kita sudah update terus dari waktu ke waktu melalui running text melalui Twitter bahwa sampai saat ini tidak ada informasi korban dari WNI,” ujar Retno di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (5/4/2024).

Retno tak banyak bicara terkait itu. Ia memastikan seluruh WNI hingga Jumat (5/4) di Taiwan selamat.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Informasi yang kami peroleh per detik ini begitu (seluruh WNI di Taiwan selamat),” tuturnya.

Gempa berkekuatan magnitudo 7,4 diketahui mengguncang Taiwan. Salah satu WNI yang berada di Taipei, Taiwan, Desthalia Florenza, pun menceritakan mencekamnya gempa tersebut.

Desthalia menyampaikan gempa terjadi Rabu (3/4) pagi, sekitar pukul 08.00 waktu setempat. Dia yang tengah tidur mengaku sempat terbangun saat gempa mengguncang Taiwan.

“Aku lagi tidur, tiba-tiba gempa. Karena Taiwan memang sering gempa, jadi setiap ada guncangan sedikit waktu tidur saya pasti bangun dan tahu ada gempa,” kata Desthalia saat dihubungi detikcom.

Dia mengatakan gempa memang kerap terjadi di Taiwan. Namun demikian, dia menyebut gempa ini yang terbesar selama dirinya berada di Taiwan.

“Biasa kalau gempa, apapun aktifitasnya tetap tenang aja, lanjut beraktifitas seperti tidak ada apa-apa. Cuma hari ini gempanya besar banget, iya, tadi baca juga gempa ini terbesar sejak 25 tahun terakhir,” ucapnya.

(isa/rfs)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *