Jakarta

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono didampingi Kepala Dinas Perhubungan Jatim Nyono memberangkatkan program mudik bareng gratis ke Jatim dari Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta. Sebanyak 1.095 pemudik asal Jatim hari ini diberangkatkan menikmati mudik gratis dengan menggunakan 27 bus menuju ke beberapa wilayah yang tersebar di Jatim.

Adhy menegaskan mudik gratis menjadi program tahunan yang digelar sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim untuk memfasilitasi masyarakat Jatim yang bekerja di Jakarta agar dapat mudik dengan aman, nyaman, dan berkesan.

“Ini adalah bentuk kewajiban dan tanggung jawab Pemerintah Provinsi Jatim melayani masyarakat. Atas nama Pemprov Jatim kami ucapkan selamat menunaikan ibadah puasa dan juga selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri mohon maaf lahir batin,” ujar Adhy, dalam keterangan tertulis, Jumat (5/4/2024).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Mudah-mudahan lebaran dengan baik di kampung halaman,” sambungnya.

Lebih lanjut, Adhy mengatakan mudik gratis memiliki beberapa manfaat di antaranya, menekan angka kecelakaan, menghemat biaya, menumbuhkan guyub rukun antar sesama pemudik dan tentunya memberikan kesan menikmati suasana selama perjalanan ke kampung halaman.

Menurutnya, libur Lebaran tahun ini cukup panjang. Maka, diperkirakan terjadi lonjakan pemudik dibandingkan tahun lalu.

“Jumlah pemudik tahun ini naik 16,2 persen dari tahun lalu. Jadi yang mudik ada sekitar 31,2 juta dari total 40,5 juta penduduk di Jatim,” jelas Adhy.

Dengan demikian, Adhy mengingatkan kepada seluruh sopir, crew maupun penumpang agar saling mengingatkan. Sebab, kata dia, ada beberapa rute rawan dari Jateng menuju Jatim, yakni Ngawi dan Mojokerto yang seringkali terjadi kecelakaan.

“Kami ingatkan sopir, pemudik dan penumpang saling mengingatkan. Kalau capek istirahat jangan dipaksakan. Kami bersama TNI/POLRI menyiapkan pos-pos pelayanan dan pengamanan di rest area untuk beristirahat,” tegas Adhy.

Dengan pemberangkatan mudik pada Jumat (5/4/2024), Pemprov juga menyediakan angkutan balik yang akan dilaksanakan tanggal 14 April 2024 dengan rute Madiun-Jakarta, Tulungagung-Jakarta, Lamongan-Jakarta, Jember-Jakarta, dan Pamekasan-Jakarta dengan total 20 moda bus.

“Terima kasih Pemprov Jatim karena perhatian kepada masyarakat Jatim yang bekerja di Jakarta. Kami bisa menikmati perjalanan dengan aman, nyaman dan lancar,” ujar Adhy.

Lebih lanjut, selain mendapatkan fasilitas mudik gratis, pemudik juga menerima kartu multi trip. Kolaborasi antara Kereta Commuter Indonesia (KCI) dan Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim.

Adhy menjelaskan kartu multi trip kolaborasi antara Kereta Commuter Indonesia (KCI) dengan Dinas Perhubungan Jatim yang bisa dimanfaatkan pemudik untuk berpindah moda bus TransJatim dengan wilayah Surabaya-Sidoarjo-Gresik-Mojokerto.

“Sebaliknya, ketika masyarakat kembali ke Jakarta, Kartu Multi Trip bisa digunakan pada kereta commuter,” tuturnya.

Salah satu pemudik asal Nganjuk Sunaryo (57) mengaku gembira karena bersama istrinya bisa menikmati fasilitas mudik gratis.

“Senang sekali karena baru pertama kali ikut mudik gratis,” ungkapnya.

Sunaryo yang sehari-hari bekerja sebagai wirausaha percetakan di daerah Kalibaru mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Jatim yang telah menyediakan mudik Lebaran gratis.

Sebagai informasi untuk Rute mudik gratis moda bus dari ibu kota tahun ini yaitu Jakarta-Bangkalan-Sampang-Pamekasan-Sumenep 4 bus, Jakarta-Ngawi-Magetan-Madiun-Ponorogo 11 bus, Jakarta-Pacitan 2 bus, Jakarta-Bojonegoro-Tuban-Babat-Lamongan-Gresik 5 bus, Jakarta-Kediri-Tulungagung 1 bus, Jakarta-Nganjuk-Kertosono-Jombang 1 bus, Jakarta-Mojokerto-Surabaya-Malang 1 bus, dan Jakarta-Lumajang-Jember-Banyuwangi 2 bus.

(akn/ega)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *