Jakarta

Kementerian Pertahanan (Kemhan) resmi menunjuk perusahaan galangan kapal PT PAL dan perusahaan Prancis Naval Group untuk pembuatan kapal selam Scorpene. Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali memastikan kapal selam itu sudah sesuai dengan kebutuhan TNI AL.

“Ya sudah sesuai,” kata Ali ditemui di Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (5/4/2024).

Ia juga mengaku telah rapat dengan pihak Naval Group terkait kapal selam baru yang hendak ‘dibeli’ Indonesia tersebut. Pihak Naval Group telah meyakinkan pihak TNI AL bahwa kapal selam itu nantinya bakal punya teknologi yang mumpuni.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Jadi kita sudah beberapa kali rapat dengan pihak Naval Group, dengan pihak Prancis ya. Dan mereka sudah memberikan kemudahan-kemudahan dan meyakinkan bahwa kapal yang akan diproduksi itu kapal yang canggih,” ucapnya.

KSAL Laksamana Muhammad Ali memberikan keterangan pers usai melepas pemudik di Kolinlamil, Jakut.KSAL Laksamana Muhammad Ali memberikan keterangan pers usai melepas pemudik di Kolinlamil, Jakut. (Tina Susilawati/detikcom)

Ali lalu menegaskan bahwa kapal selam yang akan diproduksi di Indonesia ini bukanlah kapal selam biasa, melainkan kapal selam Scorpene Envolved keluaran terbaru.

“Jadi Scorpene-nya bukan Scorpene biasa, tapi Scorpene Evolved. Ini yang terakhir. Generasi terakhir dari Scorpene,” kata Ali.

Ia pun berharap kapal selam baru ini dapat memperkuat jajaran TNI AL. Tidak tertutup kemungkinan TNI akan menambah kapal selam kembali bila ada anggaran.

Kemhan sendiri telah resmi menunjuk PT PAL Indonesia serta Naval Group untuk 2 kapal selam Scorpene Evolved Full LiB buatan dalam negeri pada Kamis (28/3). Kapal selam ini akan dibuat di galangan PT PAL melalui transfer teknologi dari Naval Group dan pemanfaatan 100% aset produksi PT PAL.

Kegiatan ini telah sesuai dengan perjanjian kerja sama Kemhan yang ditandatangani antara pemerintah Perancis dan Indonesia pada Agustus 2021. Indonesia lalu memilih Naval Group dan PT PAL Indonesia untuk program kapal selam mereka.

(dnu/dnu)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *