Jakarta

Wali Kota Cilegon Helldy Agustian melepas keberangkatan 1.800 pemudik melalui program Mudik Gratis Penuh Berkah Tahun 2024. Acara pelepasan berlangsung di halaman Kantor Wali Kota Cilegon sore ini.

Pelepasan keberangkatan mudik ini menjadi komitmen Pemerintah Kota Cilegon dalam mendukung tradisi lebaran dengan memfasilitasi perjalanan pulang kampung bagi masyarakat. Hal ini juga sekaligus bertujuan untuk mewujudkan mudik yang aman dan nyaman.

“Sebanyak 36 bus dipersiapkan untuk mengantar pemudik menuju destinasi mereka, mulai dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga Sumatera. Program ini bukan semata-mata inisiatif pemudik gratis, melainkan juga sebagai langkah strategis untuk mengurangi penggunaan sepeda motor sebagai moda transportasi mudik, dengan harapan dapat menekan angka kecelakaan dan meredakan kemacetan di jalur-jalur utama,” ujar Helldy dalam keterangannya, Jumat (5/4/2024).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Adapun pendaftaran untuk program mudik gratis ini telah dilakukan sebelumnya pada 30 dan 31 Maret 2024. Program ini mendapat antusiasme masyarakat yang besar, terlihat dari habisnya kuota dalam waktu singkat.

Helldy menekankan program Mudik Gratis Penuh Berkah Pemerintah Kota Cilegon tidak hanya menawarkan tiket gratis, namun juga menyediakan fasilitas tambahan seperti kaos, snack, dan uang saku untuk para peserta.

“Program ini tidak membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), melainkan didukung oleh sektor industri dan perbankan Kota Cilegon,” tambah Helldy.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Kota Cilegon Heri Suheri berharap program ini dapat berkelanjutan di masa mendatang. Ia juga mengingatkan para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi untuk memeriksa kendaraan mereka sebelum berangkat demi keamanan perjalanan yang lebih terjamin.

Respons positif juga datang dari masyarakat, salah satunya warga Cibeber Milasari. Ia mengaku terbantu dengan adanya program mudik gratis ini.

Menurutnya, ini adalah pengalaman pertamanya menggunakan program mudik gratis dari Pemerintah Kota Cilegon. Ia berharap program serupa dapat tersedia juga di tahun-tahun mendatang.

Dengan demikian, program Mudik Gratis Penuh Berkah Tahun 2024 tidak hanya menjadi solusi praktis bagi masyarakat untuk pulang kampung, tetapi juga menjadi contoh kolaborasi antara pemerintah, industri, dan masyarakat dalam menciptakan kondisi transportasi yang lebih aman dan terjangkau untuk semua.

(akn/ega)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *