Jakarta

Eko Sudarto (53) berencana mudik Lebaran 2024 ke Wonosobo, Jawa Tengah, dari Terminal Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Eko mengantre tiket bus menuju Wonosobo dari pukul 02.00 WIB dini hari agar mendapatkan tiket bus menuju kampung halamannya.

Satu tiket bus dari Terminal Lebak Bulus menuju Wonosobo harganya Rp 340 ribu. Loket tiket di Terminal Lebak Bulus baru dibuka pada pukul 10.00 WIB.

“Lagi mengantre mau beli tiket. Beli dari Lebak Bulus mau ke Wonosobo. Satu orang harganya Rp 340 ribu,” ucap Eko ditemui di Terminal Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Sabtu (6/4/2024).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Eko mengantre untuk keberangkatan bus pukul 17.00 WIB. Namun, jadwal keberangkatan itu pun tak pasti sebab dirinya mendapat informasi bahwa bus terjebak macet.

“Itu buka dilayani jam 10.00 WIB untuk pemberangkatan jam 17.00 WIB sore. Itu pun belum bisa dipastikan karena posisi mobil masih macet di Tegal. Diperkirakan sampe sini katanya jam 21.00 WIB malam,” ucapnya.

Ia sendiri datang sejak pukul 02.00 WIB dini hari dengan niat membeli tiket bus untuk pemberangkatan pagi hari. Sayang, sesampainya di terminal, petugas menyebut bahwa tiket bus pagi tersebut telah habis.

“Padahal saya udah dari malam. Jam 02.00 WIB malam. Pas sampai sini bilangnya ‘maaf jatah tiket pemberangkatan pagi sudah habis’. Bayangin. Saya udah dari sini dari jam 02.00 WIB,” katanya.

Eko Sudarto (53) berencana mudik Lebaran 2024 ke Wonosobo, Jawa Tengah, dari Terminal Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Eko mengantre tiket bus menuju Wonosobo dari pukul 02.00 WIB dini hari agar mendapatkan tiket bus menuju kampung halamannya.Eko Sudarto (53) berencana mudik Lebaran 2024 ke Wonosobo, Jawa Tengah, dari Terminal Lebak Bulus, Jakarta Selatan. (Tina Susilawati/detikcom)

Eko pun menunggu jadwal penjualan tiket selanjutnya di terminal hingga harus sahur di sana. Ia mengaku memanfaatkan kursi yang ada di terminal untuk beristirahat.

Ia tak mau meninggalkan terminal sebab teringat dengan kejadian mudik tahun kemarin yang membuat dirinya harus sampai membeli tiket bus 2 kali.

“Tahun kemarin 2023, pertama saya udah beli tiket. Balik dulu sebentar pas ke sini udah ketinggalan 5 menit. Itu udah nggak bisa naik. Uang udah hilang Rp 250 ribu. Saya akhirnya beli lagi,” katanya.

Eko akan menunggu di Terminal Lebak Bulus hingga bus yang ia tumpangi tiba. Hal itu semua dilakukannya demi dapat kumpul bersama keluarga di kampung halaman.

“Tetap nunggu lah. Nanti kayak tahun kemarin lagi kalau ditinggal,” ujar Eko.

“Berjam-jam nunggu ya nggak apa-apa. Demi pulang kampung ketemu keluarga,” tutupnya.

Berbagi Cerita Bersama detikcom Yuk!
detikcom mengundang para pembaca untuk berbagi cerita dan pengalaman selama menjalani mudik pada Lebaran Idulfitri 2023 ini. Cerita dan foto dapat dikirimkan ke email redaksi detikcom di alamat redaksi@detik.com. Jangan lupa sertakan nomor telepon yang dapat dihubungi ya. Ikuti berita-berita terkini dan terkait arus mudik dan arus balik di Teman Mudik 2024 (insert link: https://temanmudik.detik.com/)
Salam sehat, semoga lancar sampai tujuan.

(rfs/rfs)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *