Jakarta

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melepas keberangkatan peserta mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta (5/4). Hal ini merupakan keberangkatan pertama dari total rangkaian 4 keberangkatan mudik gratis yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan.

“Hari ini saya senang sekali dapat hadir di tengah-tengah Bapak Ibu sekalian dalam rangka melepas keberangkatan pertama Mudik Gratis Sepeda Motor Naik Kapal Laut dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang,” ujar Menhub Budi dalam keterangan tertulis, Sabtu (6/4/2024).

Budi mengungkapkan program mudik gratis ini adalah bentuk dorongan perjalanan mudik berkeselamatan yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Kemenhub menyatakan kepadatan pemudik bersepeda motor dapat dialihkan ke moda angkutan umum, salah satunya yakni dengan kapal laut.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Kami berterima kasih atas keikutsertaan masyarakat yang memanfaatkan mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut ini karena sangat membantu dalam menghindari terjadinya kecelakaan di jalan raya. Dengan naik kapal laut, para pemudik bisa istirahat di dalam kapal,” ucap Budi.

Selain itu, Budi memberikan apresiasi terhadap masyarakat atas antusias yang tinggi untuk turut serta dalam program ini. Total kuota sebanyak 4.800 sepeda motor dan 9.600 penumpang disediakan guna mengakomodir program Mudik Gratis Kapal Laut ini,

“Saya senang karena lebih dari 2.000 penumpang yang naik dan lebih dari 1.000 motor yang berangkat pada hari ini. Tahun depan semoga kuotanya bisa dua kali lipat. Mudik motor naik kapal ini merupakan wujud mudik ceria yang berkeselamatan,” kata Budi.

Kemenhub menyediakan 4 kali keberangkatan mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut. Keberangkatan terbagi atas 2 perjalanan arus mudik dan 2 perjalanan arus balik dari Tanjung Priok, Jakarta menuju Tanjung Emas, Semarang dan sebaliknya.

Keberangkatan arus mudik diselenggarakan pada tanggal 5 dan 7 April 2024. Sedangkan keberangkatan arus balik akan dilakukan pada 13 dan 15 April 2024. Kuota masing-masing perjalanan adalah 1.200 motor dan 2.400 penumpang.

Sebagai informasi, turut hadir dalam pelepasan keberangkatan mudik gratis ini, Ketua Ombudsman RI Mokhammad Najih, Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono, Direktur Utama Pelni Tri Andayani, serta Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Dirjen Perhubungan Laut Hendri Ginting.

(anl/ega)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *