Jakarta

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Korlantas Polri mengungkapkan skema contra flow dan one way di Tol Trans Jawa pada masa mudik Lebaran 2024 efektif mencegah kemacetan. Namun, tetap masih ada catatan tersendiri untuk pemudik.

“Iya memang efektif karena skema itu bisa menurunkan rasio volume kendaraan dibandingkan kapasitas jalan tol,” kata juru bicara (jubir) Kemenhub, Adita Irawati, kepada wartawan, Sabtu (6/4/2024).

Catatan tersebut adalah sejumlah para pemudik beristirahat di bahu jalan. Penumpukan kendaraan pun terjadi karena pemudik beristirahat di bahu jalan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Masih adanya masyarakat pemudik yang memaksakan diri beristirahat di bahu jalan tol, mengakibatkan berkurangnya kapasitas jalan dan akhirnya macet mengular,” ujar Adita.

Petugas di lapangan lantas meminta pemudik yang beristirahat di bahu jalan untuk segera berjalan kembali. Sebagian pemudik mengerti dengan arahan pertugas tersebut. “Iya betul tapi tidak semua mematuhi,” imbuhnya.

Efektifnya skema contra flow dan one way juga diungkapkan oleh Korlantas Polri. Kabagops Korlantas Polri Eddy Djunaedi menegaskan bahwa dua skema itu efektif.

“Sangat efektif,” ujar Eddy.

Kendala lainnya saat contra flow dan one way menurut Korlantas adalah pemudik memaksakan masuk ke rest area yang sudah penuh. Kendaraan yang tertahan di pintu masuk rest area menimbulkan penumpukan kendaraan.

“Masyarakat yang memaksakan masuk ke rest area yang sudah penuh, masyarakat yang berhenti di bahu jalan dan kendaraan yang rusak/mogok,” imbuhnya.

Berbagi Cerita Bersama detikcom Yuk!
detikcom mengundang para pembaca untuk berbagi cerita dan pengalaman selama menjalani mudik pada Lebaran Idulfitri 2024 ini.
Cerita dan foto dapat dikirimkan ke email redaksi detikcom di alamat redaksi@detik.com. Jangan lupa sertakan nomor telepon yang dapat dihubungi ya. Ikuti berita-berita terkini dan terkait arus mudik dan arus balik di Teman Mudik 2024.
Salam sehat, semoga lancar sampai tujuan.

(rfs/dhn)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *