Cilegon

Pemudik yang belum memiliki tiket namun terlanjur melakukan perjalanan ke Pelabuhan Merak bakal dialihkan ke Pelabuhan Ciwandan. Kesepakatan itu diambil untuk mengurai kemacetan di Pelabuhan Merak.

Keputusan itu diambil usai Polri, ASDP, Pemprov Banten, dan otoritas pelabuhan sepakat. Pemudik yang sudah melakukan perjalanan mudik ke arah Merak dan belum memiliki tiket tetap akan dilayani untuk menyeberang.

“Selanjutnya ada beberapa persoalan yang kami temukan namun sudah kita selesaikan, jadi hari ini bagi pemudik yang belum memiliki tiket tetap akan dilayani, jadi pemudik kan ada tuh yang biasanya go show tuh dia tetap berangkat tidak membeli tiket terlebih dahulu begitu sampai sini ternyata tiket habis, tidak dijual. Nah ini kebijakan kami dengan pemerintah daerah termasuk instansi ASDP dan pengelola pelabuhan, semuanya kita sepakat,” kata Kapolda Banten Irjen Abdul Karim kepada wartawan, Minggu (7/4/2024).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pemudik dengan kategori tersebut bakal dialihkan pelayanannya ke Pelabuhan Ciwandan. Abdul Karim mengatakan, pemudik mobil pribadi ini akan difilter terlebih dahulu di area buffer zone di tol Tangerang-Merak. Jika kedapatan belum memiliki tiket, petugas akan melayani pembelian tiket di tempat dan diarahkan ke Pelabuhan Ciwandan.

“Jadi pemudik yang sudah berjalan, sudah berada di buffer zone dan tidak memiliki tiket kita berikan pelayanan untuk penjualan tiket, namun keberangkatannya itu tidak melalui Merak tapi nanti kita lakukan pemuatannya nanti melalui Pelabuhan Ciwandan,” tuturnya.

Tiket penyeberangan di Pelabuhan Merak diketahui sudah habis terjual per 8 April kemarin. Ada beberapa pemudik yang memaksa melakukan perjalanan mudik tanpa memiliki tiket terlebih dahulu. Untuk itu, kata dia, polisi hingga otoritas pelabuhan bersepakat untuk tetap melayani pemudik tersebut.

“Secara resmi memang informasi tiket sold out, habis namun demikian kami dari dari pemerintah dan instansi terkait, pelayanan ASDP dan sebagainya memberikan kesepakatan kita bisa memberikan solusi hanya pemudik yang sudah terlanjur ada di buffer zone yang sudah melakukan perjalanan itu akan kita berikan pelayanan pembelian tiket secara langsung,” ujarnya.

Dia mengimbau agar pemudik yang belum membeli tiket penyeberangan ke Sumatera agar mengurungkan niatnya untuk berangkat sebelum membeli tiket. Pemudik disarankan membeli tiket dulu di rumah baru kemudian berangkat ke pelabuhan.

“Saya mengimbau juga bagi pemudik yang masih ada di rumah yang belum melakukan perjalanan ke Merak saat ini dan belum memiliki tiket sebaiknya jangan dulu ke Pelabuhan Merak, beli tiket dulu baru menuju ke pelabuhan, jangan go show artinya dari rumah yaudah sekalian beli tiket Merak saja, di rest area banyak,” katanya.

(azh/azh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *