Jakarta

Polri mengadakan program Mudik Gratis Polri Presisi untuk para pemudik yang hendak pulang kampung di Lebaran 2024. Program tersebut disambut baik oleh para peserta mudik gratis.

Salah satunya Yani, yang mengatakan program yang diinisiasi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo tersebut sangat membantu dirinya. Sebab, dia bisa menghemat biaya saat masa mudik lebaran.

“Bapak Kapolri terima kasih banyak dengan adanya mudik gratis ini membikin kita terbantu harusnya ongkos nya banyak. Alhamdulillah dengan adanya mudik gratis ini meringankan biaya,” kata Yani di Silang Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (6/4/2024).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selaras, peserta mudik lain bernama Indah Puspahati mengatakan dirinya terbantu dengan program tersebut. Sebab, dengan mengikuti program itu dinilai bisa mengurangi kemacetan arus lalu lintas mudik lebaran.

“Saya mengucapkan terima kasih yang sangat sangat banyak karena ini sangat membantu para pemudik untuk pulang ke kampung halamannya. Dari pada menggunakan mobil pribadi atau kendaraan pribadi jadi bikin macet ini bisa mengurangi kemacetan juga,” ujarnya.

Dia berharap program tersebut bisa tetap terlaksana di tahun-tahun berikutnya agar membantu para pemudik lainnya.

“Harapannya mudah-mudahan di tahun selanjutnya tetap terlaksana supaya membantu para pemudik di tahun berikutnya,” tuturnya.

Maya Susanti juga mengucapkan terima kasih kepada Jenderal Sigit dan instansi Polri. Dia berharap instansi Polri ke depannya semakin jaya.

“Terima kasih untuk perjalanan gratis pak. Mudah-mudahan sehat selalu lancar rezekinya. Mudah-mudahan tahun depan diadakan mudik gratis lagi. Harapan ke depannya, mudah mudahan jaya terus,” tuturnya.

Program Mudik Gratis Polri Presisi Tahun 2024 ini sendiri dibuka langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit, Menhub Budi Karya Sumadi, dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto. Pelepasan pemudik dilakukan di Silang Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (6/4).

Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan mengatakan program mudik gratis dari Polri tahun ini diikuti oleh 58.35 orang. 1.167 armada bus dikerahkan dengan wilayah tujuan mencapai 17 kabupaten dan kota.

“Selain di Jakarta, pelaksanaan mudik gratis ini juga dilaksanakan di 19 polda jajaran, dengan jumlah pemudik 58.350 orang dan jumlah angkutan 1.167 bis,” kata Aan di Monas.

Aan mengatakan ada lonjakan yang masif dari jumlah pemudik di Lebaran 2024 dibandingkan tahun lalu. Warga yang pulang kampung diperkirakan mencapai 193,6 juta. Program mudik gratis ini diharapkan mampu mengurangi lonjakan kendaraan pemudik tahun ini.

Para peserta mudik gratis ini berasal dari 19 provinsi mulai dari Aceh hingga Nusa Tenggara Barat. Sementara kota dan kabupaten tujuan yang berjumlah 17 berada di wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Yogyakarta.

“Kemudian, tujuan mudik ada ke 4 provinsi, yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur yang nantinya akan tersebar di 17 kota Tujuan Mudik Gratis Polri Presisi tahun 2024 ini,” ujarnya

(wnv/azh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *