Jakarta

Masyarakat berbondong-bondong mulai meninggalkan perantauan untuk mudik ke kampung asal menjelang Idulfitri 1445 H atau Lebaran 2024. Namun, kondisi masa mudik dan lebaran tidak membuat aktifitas di kereta rangkaian listrik (KRL) khususnya di Stasiun Manggarai, Jakarta, sepi.

Pantauan detikcom di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, Senin (6/4/2024) pukul 16.38 WIB, penumpang masih memadati Stasiun Manggarai. Terlihat ada sejumlah penumpang KRL yang duduk mengemper di peron menunggu kedatangan kereta tiba.

Salah satu peron yang masih dipadati penumpang misalnya pada KRL di peron 1 dan 2 tujuan Sudirman, Tanah Abang, Duri, Angke, hingga Kampung Bandan. Terlihat juga para penumpang yang memadati gerbong kereta.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Stasiun Manggarai tetap ramai meski sejumlah orang sudah mudik pulang ke kampung halaman. Mereka mengaku berlibur di masa libur lebaran ini. (Tina S/detikcom)Suasana di Stasiun Manggarai yang tetap ramai meski sejumlah orang sudah mudik pulang ke kampung halaman. (Tina S/detikcom)

Padatnya penumpang pun terjadi di eskalator turun maupun naik peron 11, 12 tujuan Depok, Citayam, Nambo hingga Bogor. Para penumpang bahkan terlihat hingga mengemper menunggu kedatangan kereta.

Begitu pula pada lobi di Stasiun Manggarai yang turut dipadati penumpang. Terlihat juga penumpang yang ramai turun memadati tangga manual pada peron 9 dan 10 arah Cikini, Jakarta Kota.

Adel (25), salah satu penumpang KRL yang melakukan transit di Stasiun Manggarai mengaku momen libur panjang lebaran ini digunakannya untuk berlibur atau vakansi di kota kelahirannya sendiri, Jakarta.

Adel yang tak mudik mengaku sudah tak heran dengan ramainya stasiun meski di waktu libur panjang akhir pekan (long weekend) seperti sekarang ini.

Stasiun Manggarai tetap ramai meski sejumlah orang sudah mudik pulang ke kampung halaman. Mereka mengaku berlibur di masa libur lebaran ini. (Tina S/detikcom)Sejumlah orang mengaku mengisi waktu di masa libur lebaran ini dengan berlibur (Tina S/detikcom)

“Nggak. Nggak akan pernah sepi kalau kereta. Hari H lebarannya aja pasti ramai. Meski nggak sepadat biasanya tapi tetep ramai. Kan banyak orang Jakarta asli yang manfaatin liburan ini. Jadi nggak akan pernah sepi kalau kereta. Selalu ramai,” ucap Adel ditemui di peron 11 12 Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, Sabtu (6/4/2024).

Ditemui di lokasi yang sama, terlihat dua wanita lansia yakni Usami (52) dan Eti (53) yang duduk di peron 11 12. Terlihat jinjingan besar juga berada di samping mereka.

Kedua sahabat itu ternyata memanfaatkan momen lebaran ini untuk berjalan-jalan. Mereka berdua baru saja membeli baju baru untuk dikenakan pada momen lebaran nanti.

“Saya dari Tanah Abang, abis beli baju lebaran, mau ke Nambo,” kata Usami.

Stasiun Manggarai tetap ramai meski sejumlah orang sudah mudik pulang ke kampung halaman. Mereka mengaku berlibur di masa libur lebaran ini. (Tina S/detikcom)Tampak Stasiun Manggarai tetap ramai di masa libur lebaran ini. (Tina S/detikcom)

Baik Usami dan Eti tak melakukan mudik sebab mereka berdua berasal dari Bogor. Mereka mengaku masih berdesak-desakan di kereta sebab stasiun yang masih ramai.

“Ramai. Masih ramai dari tadi. Desak-desakan tadi juga. Masih ramai banget kereta,” tutupnya.

(jbr/jbr)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *