Jakarta

Masa arus mudik lebaran 2024 tengah berlangsung. Bagi pemudik yang hendak atau sedang dalam perjalanan menuju kampung halaman ada baiknya mengetahui informasi titik rawan bencana alam di jalur mudik.

Titik rawan bencana di jalur mudik ini terdiri dari titik rawan akan bencana alam berupa tanah longsor dan banjir. Selain itu pula informasi titik rawan kemacetan di jalur mudik dan adanya pasar tumpah. Simak informasi lengkapnya di bawah ini:

Cara Cek Titik Rawan Bencana di Jalur Mudik

Untuk mengetahui lokasi dan peta titik rawan bencana di jalur mudik lebaran 2024 dapat dilakukan secara online, salah satunya melalui situs resmi Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka situs https://binamarga.pu.go.id/mudik
  2. Pilih menu “Titik Rawan Longsor, Kemacetan, Banjir dan Pasar”
  3. Halaman akan menampilkan peta yang menunjukkan informasi:
    – Titik Rawan Longsor (Simbol Tanda Seru)
    – Titik Rawan Kemacetan (Simbol Warna Merah)
    – Titik Rawan Banjir (Simbol Warna Biru)
    – Titik Pasar Tumpah (Simbil Warna Abu-abu)
    – dll. (Simbol Warna Hitam)
  4. Zoom in dan klik pada titik longsor atau kemacetan, atau banjir, juga pasar yang hendak dipantau.

Selain itu, melalui situs tersebut pemudik juga dapat mengecek informasi terkait mudik lainnya. Seperti informasi lokasi posko mudik, operasional jalan tol, lokasi wisata, jalur alternatif hingga lokasi rest area yang tersedia di sepanjang jalan tol.

Dengan adanya informasi peta dan lokasi titik rawan bencana di jalur mudik lebaran tahun 2024 tersebut dapat memudahkan pemudik untuk mengantisipasi adanya bencana hingga kemacetan, serta berupaya untuk menghindari jalur tersebut.

(wia/idn)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *