Jakarta

Lalu lintas di sekitar Terminal Kalideres, Jakarta Barat, macet. Kemacetan di sana disebabkan antrean bus yang hendak masuk ke dalam terminal tertahan di pintu masuk.

Volume bus yang melebihi kapasitas Terminal Kalideres membuat antrean panjang kendaraan di Jalan Daan Mogot. Pantauan detikcom, Minggu (7/4/2024) pukul 19.15 WIB Jalan Daan Mogot macet dari dua arah, baik dari timur ke barat, maupun sebaliknya.

Dari arah barat ke timur kemacetan mengular sepanjang 1 kilometer hingga kantor Mayora. Sedangkan dadi arah timur ke barat atau menuju Tangerang, kemacetan lebih pendek sekitar 500 meter.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dedi Tambula pedagang warkop di kawasan itu telah melihat kemacetan sejak sore sekitar pukul 15.30 WIB. Dia melihat antrean kendaraan didominasi bus yang hendak masuk ke Terminal Kalideres.

“Udah dari sore. Kebanyakan bus yang mau ke terminal. Emang biasa kalau musim mudik kayak gini,” ujar Dedi kepada detikcom.

Adapun sampai siang tadi, pemudik di Terminal Kalideres, mulai membeludak. Ada 1.347 pemudik berangkat dari terminal utama di Jakarta Barat itu siang ini.

“Hari ini H-3 angkutan lebaran, Minggu (7/4/2024) penumpang yang berangkat 1.347 orang sampai siang ini. Kemarin H-4 penumpang ada 5.693 orang. Prediksinya hari ini puncak arus mudik. Perkiraan dari survei Kemenhub, mudik lebaran 2024, mengalami peningkatan signifikan bisa mencapai 7.000 lebih yang akan melakukan perjalanan,” ujar Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnain di Terminal Kalideres, Minggu (7/4).

Dari jumlah itu, tujuan yang paling banyak yakni Jawa Tengah, Padang, dan Palembang. Dia menyebut jumlah pemudik ini mengalami peningkatan signifikan dari tahun lalu.

“Kalau sebelumnya puncak arus mudik terjadi pada H-3 sebanyak 5.655 orang, tahun ini prediksinya juga bakal terjadi pada H-3, bisa mencapai 7.000 orang,” jelas Revi.

Revi mengatakan total sudah 13.888 pemudik yang berangkat dari Terminal Kalideres. Data itu dihimpun sejak 3 April hingga tadi siang.

“Iya betul (13.888 pemudik) itu data yang sudah kami peroleh sampai siang tadi pukul 11.00 WIB,” katanya.

(maa/maa)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *