Jakarta

Menko PMK Muhadjir Effendy melaksanakan rapat koordinasi dengan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan pihak terkait lain di Pelabuhan Merak, Banten. Usai rapat, Muhadjir mengatakan pihaknya mengambil kebijakan bahwa kapal dari Merak ke Bakauheni hanya menurunkan penumpang lalu kembali.

“Di samping akan kita lihat perkembangan, nanti kapal dari Merak ke Bakauheni itu hanya nge-drop penumpang, semuanya, dan langsung kembali ke Merak untuk angkut penumpang,” kata Muhadjir di Pelabuhan Merak, Banten, Minggu (7/4/2024).

Sementara untuk bongkar muat, akan dilakukan di Ciwandan atau Pelabuhan Panjang.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Tidak ada lagi skema 7-3 atau 4-3 tidak ada, kemudian untuk yang membongkar dan muat itu hanya dari Ciwandan ke Bakauheni, atau ke Panjang,” kata dia.

“Sementara dari Merak khusus untuk drop saja. Kosong balik untuk isi kembali,” tambahnya.

Muhadjir mengatakan masih akan melihat perkembangan dari kebijakan itu. Sebab situasi sekarang jumlah penumpang cukup banyak.

“Tentu saja ini akan kita lihat perkembangan karena mengingat antisipasi situasi sekarang perkembangan,” ucapnya.

Puncak Mudik Merak

Sebelumnya Kapolda Banten Irjen Abdul Karim mengatakan puncak arus mudik menuju Pelabuhan Merak terjadi Sabtu (6/4) malam. Pemudik meningkat mulai sejak sore hari pukul 16.00 WIB.

“Jadi intinya hari ini adalah puncak mudik yang menuju ke Merak ini, ” kata Abdul Karim kepada wartawan di lokasi, Cilegon, Banten, Sabtu (6/4).

Eskalasi pengendara ke Merak, katanya, meningkat bahkan sejak pukul 16.00 WIB. Abdul menyebut volume ini berbeda dibandingkan dengan Jumat (5/4) kemarin di mana kendaraan mulai padat pada pukul 22.00 WIB.

Dia juga menyampaikan bahwa ada beberapa masalah yang menyebabkan antrean ke pelabuhan. Salah satunya adalah pemudik roda empat yang datang tapi belum membeli tiket. Mereka akan tetap dilayani di buffer zone namun keberangkatan bukan melalui Merak melainkan ke Ciwandan.

“Saya ulangi jadi pemudik yang sudah terlanjur ke arah Banten Merak ini yang ada di buffer zone di rest area yang belum memiliki tiket kita akan layani pembelian tiket. Namun untuk pelabuhan yang akan dilalui bukan Pelabuhan Merak tapi Ciwandan. Jadi kita sudah berikan solusi ini, ” ujarnya.

(ial/fca)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *