Jakarta

Arus mudik Lebaran 2024 telah dimulai. Polisi melakukan rekayasa lalu lintas ganjil-genap untuk mengantisipasi kemacetan arus mudik.

Ganjil-genap dilaksanakan di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek hingga Tol Kalikangkung, sejak Jumat (5/4). Ratusan pemudik sudah ‘tertangkap’ kamera E-TLE karena melanggar ganjil-genap.

Kakorlantar Irjen Aan Suhanan mengatakan ganjil-genap diberlakukan di Tol Jakarta-Cikampek saat mudik Lebaran 2024. Pelat kendaraan pemudik akan diawasi dengan kamera electronic-traffic law enforcement (E-TLE) yang tersebar di ruas Tol Jakarta-Cikampek.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Kita tidak melakukan putar balik, kita tidak melakukan penghentian, artinya ini terus, namun pengawasannya kita berlakukan kamera e-TLE,” kata Aan usai apel Operasi Ketupat 2024 di Silang Monas, Jakarta Pusat, Rabu (3/4).

Polisi memaksimalkan pemantauan kendaraan berpelat ganjil dan genap melalui kamera E-TLE. Para pelanggar nantinya akan dikirim surat konfirmasi tilang ke alamat yang sesuai tertera pada Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK).

“Jadi kamera e-TLE akan kita taruh di KM 0, kemudian intern masuk Jakarta Cikampek. Artinya kita tidak mau ada interaksi ya. Jadi kita pure menggunakan e-TLE. Nanti setelah libur tanggal 16 selesai, itu kalau yang melanggar ada surat konfirmasi datang ke alamat STNK. Konfirmasi, untuk menanyakan betul nggak jam sekian tanggal sekian, mobilnya melewati Jakarta Cikampek,” jelasnya.

608 Mobil Tertangkap E-TLE

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman mengatakan ganjil genap mulai diberlakukan sejak Jumat (5/4) kemarin. Sejak kemarin, sudah ada ratusan kendaraan yang melanggar ganjil genap yang ditilang E-TLE.

“Data yang ter-capture kemarin ada 608 kendaraan yang melanggar ganjil-genap,” kata Latif saat dihubungi detikcom, Sabtu (6/4).

Dari 608 kendaraan tersebut, sekitar 300-an di antaranya tervalidasi. Polisi juga sudah mulai mengirimkan surat konfirmasi tilang ke alamat pemilik kendaraan.

“Sudah terkirim surat konfirmasi tilang 330 kendaraan untuk kemarin,” katanya.

Baca selengkapnya di halaman selanjutnya…..



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *