Jakarta

Serba-serbi mudik dialami oleh para pemudik pada H-3 Lebaran 2024. Mulai dari macet-macetan hingga cerita unik para pemudik mewarnai jelang mudik 2024.

Berikut ini sejumlah hal yang terjadi hari ini:

Stasiun-stasiun Jakarta Mulai Ramai Pemudik

Sejumlah stasiun di Jakarta pun sudah ramai pemudik hari ini. Mulai dari Stasiun Gambir hingga Stasiun Pasar Senen.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Misalnya di Stasiun Pasar Senen, KAI Daop 1 mencatat ada sebanyak 46.374 calon penumpang yang telah memesan tiket. Mereka akan berangkat dari beberapa stasiun di wilayah Daop 1 Jakarta.

Untuk diketahui, KAI Daop 1 Jakarta memberangkatkan pemudik dari sejumlah stasiun yaitu Stasiun Pasar Senen, Jakarta Kota, Jatinegara, Bekasi, Cikampek, Karawang, dan Cikarang.

Kemudian, Stasiun Gambira juga mengalami lonjakan pemudik. PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta mencatat keberangkatan H-3 Lebaran 2024 dari Stasiun Gambir, Jakarta Pusat. Sebanyak 19.315 ribu pemudik meninggalkan Jakarta melalui Stasiun Gambir hari ini.

“Berdasarkan data hari ini tanggal 7 April 2024, Sebanyak 46.920 tiket telah terjual, 19.315 penumpang berangkat dari Stasiun Gambir, 26.663 penumpang dari Stasiun Pasar Senen dan sisanya dari stasiun lainnya,” kata Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko, dalam keterangannya, Minggu (7/4).

1.031 Pemudik Langgar Gage di Tol Cikampek

Sementara itu, cerita lainnya juga terjadi pada para pemudik yang melintas di Tol Cikampek. Ribuan pemudik melanggar ganjil-genap yang diberlakukan di sana.

“Hari pertama 608 kendaraan, hari kedua 423. Hari ketiganya selesai nanti jam 24.00 nanti malam,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman saat dihubungi, Minggu (7/4).

Latif mengatakan, pihak kepolisian juga sudah mulai mengirimkan surat konfirmasi bukti pelanggaran atau tilang ke alamat pemilik kendaraan.

“Sudah terkirim surat konfirmasi tilang kendaraan,” ujarnya.

Pembatasan kendaraan dengan sistem ganjil genap dilakukan di KM 0 Jakarta-Tangerang sampai dengan KM 141 Tol Kalikangkung. Ganjil genap berlaku pada masa mudik dan arus balik Lebaran tanggal 5-16 April 2024.

Pedagang di Tanah Abang Raup Omzet Ratusan Juta

Selain itu, momen lebaran dan mudik ini juga ternyata menyisakan cerita bahagia bagi para pedagang. Salah satu pedagang di Tanah Abang bahkan meraup omzet hingga ratusan juta rupiah.

Lina (46), pedagang pakaian gamis Shimmer yang menceritakan mampu meraup omzet hingga ratusan juta.

“Alhamdulillah meningkat dari tahun lalu. Per bulan lebih Rp 100 jutaan, 4-an (Rp 400 jutaan) lah ada. Kalau lagi ramai ya,” ujar Lina saat ditemui detikcom di lokasi.

Di kesempatan yang sama, pembeli bernama Mala (34), mengaku memilih baju Shimmer untuk seluruh anggota keluarga di momen lebaran. Ia mengaku memilih baju Shimmer untuk dimuat di konten media sosialnya.

“Lagi cari-cari baju gamis yang sekarang lagi tren tuh kan modelnya kayak Shimmer atau warna-warna yang terang gini, mungkin buat keluarga besar oke juga kali ya buat foto, buat selfie semua. Terutama kan sekarang bikin TikTok kan ya, biar kelihatannya jreng, wah, gitu kan,” ujar Mala.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *