Jakarta

Sejumlah kebijakan lalu lintas dilakukan imbas kecelakaan maut yang terjadi di KM 58 Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta. Polisi bersama Jasamarga telah melakukan pembukaan jalur fungsional di ruas Jalan Tol Japek II Selatan Segmen Sadang sampai dengan Kutanegara.

“Jalur fungsional jalan Tol Japek II Selatan dibuka atas diskresi kepolisian. Dalam membuka jalur fungsional jalan Tol Japek II Selatan kami beserta pihak kepolisian juga memantau tidak ada kepadatan lalu lintas di Jalan Provinsi setelah akses keluar dari jalur fungsional,” kata Direktur Utama PT Jasamarga Japoek Selatan, Charles Lendra, kepada wartawan, Senin (8/4/2024).

Charles mengatakan jalur fungsional itu dibuka sejak pukul 09.47 WIB. Jalur tersebut hanya dibuka untuk kendaraan kecil atau golongan I dengan kecepatan maksimal kendaraan mencapai 60 km/jam. Bagi pengendara yang hendak masuk ke jalur fungsional ini bisa bersiap menjelang akses masuk di KM 76+400 Tol Cipularang arah Jakarta.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Pengguna jalan dari arah Bandung dapat masuk jalur fungsional jalan Tol Japek II Selatan Segmen Sadang-Kutanegara melalui Km 76+400 Jalan Tol Cipularang, keluar ke arah Sadang, kemudian putar balik di atas Simpang Susun menuju ruas tol fungsional. Setelah melewati jalur fungsional sepanjang 8,5 Km tersebut, pengguna jalan akan melewati jalan non tol sepanjang 15-20 Km untuk masuk kembali ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Karawang Timur di Km 54 atau GT Karawang Barat di Km 47,” imbuhnya.

Charles menambahkan jalur fungsional jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan tidak dikenakan tarif, namun pengguna jalan tetap harus melakukan pembayaran di Gerbang Tol (GT) Kutanegara. Di gerbang tol ini pengguna jalan membayar tarif tol jalan Tol Cipularang dan jalan Tol Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi) jika melakukan perjalanan dari gerbang tol di jalan Tol Padaleunyi dengan besaran tarif yang sama jika pengguna jalan keluar melalui GT Sadang jalan Tol Cipularang.

“Kami juga mengimbau pengguna jalan yang akan memasuki jalan tol fungsional agar mengikuti arahan petugas di lapangan serta menaati perambuan yang berlaku, termasuk batas maksimal kecepatan yang diperbolehkan serta memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima dan mengisi penuh BBM sebelum memasuki jalur fungsional, karena lokasi SPBU terdekat berjarak 1 Km dari akses keluar jalan tol fungsional ini (belok kiri),” tutur Charles.

12 Korban Meninggal Dunia Kecelakaan KM 58 Tol Japek

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Aan Suhanan menyebut ada 12 kantong mayat yang dievakuasi dari tempat kejadian perkara (TKP) kecelakaan maut di KM 58 Tol Jakarta-Cikampek (Japek) arah Jakarta. Keduabelas kantong mayat dievakuasi ke RSUD Karawang, Jawa Barat (Jabar).

“Dari Grandmax ini kita ada 12 kantong mayat tadi yang kita bawa ke RSUD Karawang,” ucap Aan kepada wartawan di lokasi.

Dia menuturkan korban tewas dengan kondisi terbakar. Sehingga pihak medis akan melakukan proses identifikasi.

“Jadi kita belum bisa mengidentifikasi karena korban seluruhnya luka bakar,” ujar Aan.

Untuk diketahui kecelakaan maut melibatkan satu bus dan dua minibus yakni Daihatsu Gran Max dan Toyota Terios. Aan mengatakan selain korban tewas, terdapat korban luka dua orang yakni dari kernet bus dan penumpang Terios.

“Korban dari bus yang terlibat ini ada satu, luka berat. Kemudian dari kendaraan Terios ada satu luka ringan,” jelas Aan.

(ygs/imk)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *