Jakarta

Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero), Subakti Syukur, menyebutkan masih ada sekitar 40 persen masyarakat yang masih akan melakukan perjalanan mudik Lebaran 2024. Dia menyebut lalu lintas di jalan tol masih akan tinggi usai hari lebaran.

“Mengenai data (pemudik), itu sampai dengan sore ini mungkin hampir kurang sedikit dari 40 persen yang sisa belum mudik, yaitu sekitar 750 ribu kendaraan,” ujarnya dalam jumpa pers di gedung Jasa Marga Km 70 Tol Jakarta-Cikampek, Senin (8/4/2024).

Dia mengatakan kenaikan jumlah pemudik itu diprediksi bakal terjadi pada H+1 dan H+2 Lebaran 2024.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Nanti akan tinggi lagi di H+1 dan H+2. Dari data kita itu per harinya sekitar 140 ribuan. Jadi H-1nya mungkin (jumlah pemudik) 80-90 ribu, sisanya 100 ribu lebih itu di H+1 dan H+2,” ucapnya.

“Yang jelas kami, Korlantas, dan Kementerian Perhubungan enggak bisa istirahat. Karena data 2023-nya demikian. Jadi, sisa (masyarakat yang akan mudik) masih 40 persen kurang dikit, karena datanya bergerak terus. Mungkin sekitar 750 ribuan yang belum mudik,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut puncak arus mudik Lebaran 2024 di tol terjadi pada H-4 Lebaran. Dia mengatakan puncak arus mudik kali ini sudah terlampaui dengan baik.

“Untuk pelaksanaan kegiatan arus mudik di jalur tol yang tadi baru saja dilaporkan, dengan memperhatikan proses pergerakan mulai dari 4 gerbang tol utama. Mulai dari awal masuk di Km 50 sampai dengan 414 Kalikangkung secara umum mengalami peningkatan dalam hal pengaturan terkait puncak-puncak arus mudik,” kata Jenderal Sigit.

“Jadi tadi dilaporkan bahwa terjadi persebaran, penambahan jumlah sekitar 6% sampai 7% dibandingkan mudik tahun 2023. Namun untuk puncak arus mudiknya bisa terlampaui dengan baik,” lanjutnya.

Sigit membandingkan arus mudik tahun ini dengan pada 2023 dan ternyata ada pergeseran puncak arus mudik. Dia menyebutkan mudik tahun ini sudah terorganisasi dengan bagus dibanding pada tahun lalu.

“Jadi kalau 2023 di H-3 kalau ini bergeser di H-4 dengan tingkat puncak arus mudiknya yang turun dan ini tersebar di hari-hari sebelumnya. Secara manajemen ini sudah bagus,” pungkasnya.

Berbagi Cerita Bersama detikcom Yuk!

detikcom mengundang para pembaca untuk berbagi cerita dan pengalaman selama menjalani mudik pada Lebaran Idulfitri 2023 ini.

Cerita dan foto dapat dikirimkan ke email redaksi detikcom di alamat redaksi@detik.com. Jangan lupa sertakan nomor telepon yang dapat dihubungi ya.

Ikuti berita-berita terkini dan terkait arus mudik dan arus balik di Teman Mudik 2024.

Salam sehat, semoga lancar sampai tujuan.

(ond/maa)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *