Tangerang

Polres Metro Tangerang Kota mengimbau siskamling untuk turut mengamankan rumah warga yang ditinggal mudik. Siskamling diimbau mewaspadai segala modus pencurian, salah satunya mengantar makanan.

Hal itu disampaikan Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Zain Dwi Nugroho saat melaksanakan patroli di Tangerang Indah River Side Cisadane. Patroli dilaksanakan untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif selama periode mudik dan lebaran.

“Kegiatan patroli di rumah-rumah kosong yang ditinggal kita gencarkan, sehingga diharapkan masyarakat dapat dengan tenang meninggalkan rumah dalam keadaan kosong dengan perlindungan Polri,” kata Zain dalam keterangannya, kepada wartawan, Senin (7/4/2024).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pada kesempatan itu, Zain juga mengingatkan supaya Siskamling dan pengamanan swakarsa dapat berperan aktif menjaga lingkungan perumahan warga, terutama selama mudik Lebaran.

“Kami dari Polres Metro Tangerang Kota, melakukan patroli dengan mengunjungi posko-posko keamanan. Tujuannya untuk menghimbau dan mengingatkan kepada para tenaga keamanan agar lebih waspada selama bertugas,” jelas Zain.

Di sisi lain, Polres Metro Tangerang Kota melakukan patroli dan melakukan dialog dengan petugas keamanan dan masyarakat untuk mengantisipasi terjadinya tindak kejahatan.

Polres Metro Tangerang Kota patroli rumah warga yang ditinggal mudik lebaran, Senin (7/4/2024).Polres Metro Tangerang Kota patroli rumah warga yang ditinggal mudik lebaran, Senin (7/4/2024). (Foto: dok. Istimewa)

“Termasuk waspada terhadap pelaku kejahatan melakukan penyamaran, seperti mengaku-ngaku sebagai ojek online, mengantar makanan, petugas air, maupun petugas listrik, termasuk mengaku angkutan travel,” bebernya.

Polres Metro Tangerang Kota melalui Bhabinkamtibmas yang ada di tiap lingkungan sudah mendata dan memetakan wilayah pemukiman yang banyak ditinggal mudik penghuninya.

“Semua sudah dikelompokkan dan dari pengelompokan itu baru kita fokuskan patroli secara berkala. Dalam pelaksanaan patroli ada titik-titik singgung antara patroli Polsek dengan patroli polres,” tuturnya.

Zain juga mengimbau agar lingkungan perumahan warga menerapkan sistem one gate, sehingga tamu yang keluar-masuk dapat lebih mudah terawasi.

Polres Metro Tangerang Kota patroli rumah warga yang ditinggal mudik lebaran, Senin (7/4/2024).Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Zain Dwi Nugroho mengimbau agar perumahan menerapkan sistem one gate untuk mengawasi keluar-masuk tamu selama mudik Lebaran. (dok. Istimewa)

“Jadi, kami minta para tenaga keamanan agar mengetahui rumah warga mana saja yang di tinggalkan mudik. Kita juga sarankan untuk terapkan one gate system atau keluar masuk melalui satu pintu,” imbuhnya.

Salah satu warga Perumahan Tangerang Indah River Side Cisadane, Edy Setyobudi, mengaku surprise dan berterima kasih telah dikunjungi langsung oleh Kapolres untuk berpatroli dan memberikan imbauan Harkamtibmas.

“Tadi kami diingatkan terkait sistem pengamanan rumah-rumah warga yang kosong ditinggal mudik. Di liburan hari raya juga kita juga akan meninggalkan rumah untuk bersilaturahmi. Sekuriti komplek ini juga sudah diarahkan untuk lebih waspada dan hati-hati terhadap orang yang tidak di kenal,” kata Edy.

Polres Metro Tangerang Kota juga memberikan pelayanan titip kendaraan bagi warga yang akan mudik menggunakan angkutan umum. Warga bisa menitipkan kendaraannya di kantor Polres Metro Tangerang Kota maupun polsek jajaran.

(mei/maa)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *