Jakarta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali membagikan paket sembako untuk warga yang melintas di depan Istana Merdeka Jakarta. Total ada 1.000 paket sembako yang dibagikan.

“Jadi yang pertama sore hari ini tanggal 8 April Bapak Presiden melalui Kepala Biro Protokol Mas Yusuf meminta kepada jajaran Setpres untuk memberikan sembako sejumlah kurang lebih 1000 peaces, 1000 kantong,” kata Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi kepada wartawan di depan Istana Merdeka Jakarta, Senin (8/4/2024).

Heru mengatakan paket sembako itu dibagikan untuk warga yang melintas di depan Istana Merdeka. Menurutnya, pembagian sembako itu menunjukkan perhatian Jokowi kepada warga yang masih tinggal di Jakarta sebelum melakukan mudik lebaran.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Siapa yang dibagikan, yang dibagikan adalah masyarakat yang sedang melintas di wilayah Istana, gojek dan masyarakat umum. Kurang lebih seperti itu, memberikan, bahwa Bapak Presiden memperhatikan kepada masyarakat yang menit-menit terakhir masih tinggal di Jakarta,” ujarnya.

Lebih lanjut, Heru mengatakan dana paket sembako itu merupakan dana yang diambil dari operasional presiden. Tak hanya di tahun ini, Heru menyebut Jokowi juga memberikan bantuan saat masa pandemi COVID-19 berupa makanan siap saji hingga bantuan untuk UMKM dan sekolah.

“Dana dari operasional presiden. Jadi dana operasional presiden itu kan macam-macam antara lain bansos. Ketika kunjungan ke daerah contoh waktu itu Mas Yusuf selaku kepala biro protokol mendampingi, memberikan juga sebuah mobil kepada SMK. Begitu juga kunjungan ke daerah lain ketika SMK itu membutuhkan alat-alat lab, bapak presiden juga memberikan,” kata Heru.

“Jadi sembako ini bagian dari bantuan bapak Presiden, begitu juga tadi saya sampaikan ketika COVID memberikan makanan siap saji, ketika UMKM terkena langsung dampak COVID, bapak presiden per hari mengundang para UMKM tersebut ke Istana kurang lebih 250 sampai 500 untuk diberikan bantuan Rp 1,2 juta. Jadi macam-macam, semua provinsi,” tambahnya.

Pantauan detikcom di lokasi, Senin (8/4/2024), pembagian sembako dilakukan sekitar pukul 16.11 WIB di pintu istana Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Paket sembako itu dibagikan kepada masyarakat yang melintas di depan Istana Merdeka Jakarta.

Sejumlah pengendara sepeda motor, dari ojek online hingga warga biasa, yang melintas depan Istana tampak berhenti. Mereka berbaris mengantre dengan tertib untuk mengambil sembako.

Mereka yang sudah menerima lalu mencelupkan jarinya ke tinta sebagai tanda terima. Bantuan sembako itu terbungkus tas merah putih yang bertulisan ‘Bantuan Presiden Republik Indonesia’.

Sementara Jokowi terlihat ikut memantau dari pintu pagar istana beberapa saat. Jokowi sesekali menyapa dengan melambaikan tangan ke warga. Tidak sampai 10 menit, Jokowi pun kembali masuk ke dalam.

(mib/eva)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *