Jakarta

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mewanti-wanti bus pariwisata yang melakukan perjalanan wisata saat libur Lebaran 2024. Budi mengatakan bus yang melakukan perjalanan wisata harus sudah melakukan ramp check.

“Di kala mereka melakukan perjalanan wisata. Misal mereka di Solo, mau ke Tawangmangu atau di Yogya dia mau ke Candi Borobudur, kan dia cari bus. Busnya itu harus bus yang memiliki ramp check. Logo perhubungan gitu, karena saya sudah koordinasi dengan seluruh kapolres, harus melakukan ramp check,” kata Budi Karya Sumadi kepada wartawan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin (8/4/2024).

Budi meminta polisi memutar balik bus yang tak melakukan ramp check. Dia mengajak semua pihak mengawal proses ramp check dan pemilihan sopir bus saat libur Lebaran.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Saya juga menganjurkan, minta tolong kepada para kapolres, dan pihak-pihak di daerah mengawal proses ramp check, proses pemilihan sopir agar tujuan tujuan wisata terlaksana dengan baik karena saya sudah berpesan, ‘Pak Kapolres nanti kalau ada bus yang jalan tanpa ramp check, putar balik’, jadi nggak jadi berwisata,” ujarnya.

Budi mengatakan sopir bus yang melakukan perjalanan wisata juga harus benar. Hal itu dilakukan untuk menekan angka kecelakaan.

“Kedua sopirnya harus yang benar. Kalau tidak, seperti tadi yang ditanyakan, kecelakaan akan naik. Nah setelah motor kita reduksi dengan mudik gratis, bus-bus harus dikawal dengan baik,” ujarnya.

Prediksi 193 Juta Orang Mudik Lebaran

Budi sebelumnya membeberkan angka perkiraan pemudik Lebaran 2024. Dia mengatakan sebanyak 193 juta orang akan melakukan mudik tahun ini. Dari total jumlah tersebut, ada 28,4 juta di antaranya berasal dari Jabodetabek.

“Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Badan Kebijakan Transportasi (BKT), terdapat tren peningkatan potensi pergerakan masyarakat secara nasional pada masa lebaran 2024 yaitu sebesar 71,7% dari jumlah penduduk Indonesia sebanyak 193 juta orang,” kata Budi dalam jumpa pers virtual persiapan mudik 2024, Minggu (17/3).

Berbagi Cerita Bersama detikcom Yuk!
detikcom mengundang para pembaca untuk berbagi cerita dan pengalaman selama menjalani mudik pada Lebaran Idulfitri 2024 ini.
Cerita dan foto dapat dikirimkan ke email redaksi detikcom di alamat redaksi@detik.com. Jangan lupa sertakan nomor telepon yang dapat dihubungi ya. Ikuti berita-berita terkini dan terkait arus mudik dan arus balik di Teman Mudik 2024
Salam sehat, semoga lancar sampai tujuan.

(mib/rfs)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *