Jakarta

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjelaskan penyelenggaraan arus mudik Lebaran di tahun 2024. Jenderal Sigit menjelaskan ada pengurangan waktu yang ditempuh untuk perjalanan dari Jakarta ke Jawa Tengah via jalan tol.

“Terjadi peningkatan kecepatan untuk pencapaian mulai start sampai dengan Jawa Tengah yang biasanya 8 jam kali ini menjadi 6,7 jam. Jadi ada perbaikan,” kata Jenderal Sigit di KM 70 Tol Cikatama, Senin (8/4/2024).

Jenderal Sigit juga menjelaskan pelaksanaan arus mudik Lebaran tahun ini berjalan baik. Dia menyebut puncak arus mudik tahun ini terjadi di H-4 Lebaran.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Untuk puncak arus mudik bisa terlampaui dengan baik. Jadi kalau di tahun 2023 itu di H-3, kalau ini bergeser di H-4 dengan tingkat arus mudiknya yang turun dan ini tersebar di hari-hari sebelumnya,” jelas Jenderal Sigit.

Dia mengatakan manajemen lalu lintas di arus mudik Lebaran tahun ini lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Jenderal Sigit menyebut pihaknya juga telah memiliki rumusan untuk menghadapi arus mudik di Lebaran tahun depan hingga arus balik di Lebaran tahun ini.

“Secara manajemen ini sudah bagus dengan membandingkan tahun 2023 dengan tahun 2024 maka didapatkan satu rumusan untuk menghadapi arus mudik nanti di tahun 2025,” tuturnya.

Evaluasi Kecelakaan di KM 58 Tol Japek

Jenderal Sigit juga menyoroti kecelakaan maut di KM 58 Tol Jakarta-Cikampek. Dia mengatakan akan ada evaluasi yang dilakukan.

“Kita juga tentunya harus melakukan evaluasi terkait dengan adanya musibah yang terjadi di KM 58, di jalur contraflow,” kata Jenderal Sigit

Dia mengatakan musibah ini perlu menjadi bahan evaluasi. Jenderal Sigit mengingatkan pengemudi agar mempersiapkan diri dengan baik.

“Dan ini tentunya menjadi evaluasi agar kita lebih massif lagi mensosialisasikan terhadap pengemudi, terhadap pengguna jalan agar betul-betul mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Dia juga mengatakan bahwa fasilitas pelayanan untuk tes kesehatan sebelum mudik juga telah disiapkan. “Terkait dengan kendaraan-kendaraan umum, telah dipersiapkan berbagai pelayanan apakah itu terkait dengan tes urine, tes kesehatan,” katanya.

(ygs/imk)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *