Jakarta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai pelaksanaan arus mudik Lebaran tahun ini jauh lebih baik dibanding tahun sebelumnya. Jokowi mengatakan tak ada antrean yang terlalu panjang pada arus mudik Lebaran 2024.

“Kalau dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya saya kira tahun ini jauh lebih bagus, jauh lebih bagus, saya melihat nggak ada antrean yang sangat terlalu panjang atau yang di airport, atau di stasiun, atau di terminal, yang begitu ramai dan berdesak-desakan, saya lihat nggak ada,” kata Joko Widodo kepada wartawan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin (8/4/2024).

Jokowi mengatakan manajemen yang baik harus diteruskan. Dia mengatakan berbagai masalah kecil terkait arus mudik harus segera diselesaikan sebagai bentuk antisipasi.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Ya manajemen yang baik ini diteruskan, manajemen yang sudah baik diteruskan, yang ada masalah kecil-kecil segera diselesaikan saya kira perencanaan yang rapi, akan memunculkan sebuah pelaksanaan yang baik. Ini saya kira di organisasi dengan baik, semua yang terlibat,” ujarnya.

Prediksi 193 Juta Orang Mudik Lebaran

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi sebelumnya membeberkan angka perkiraan pemudik Lebaran 2024. Dia mengatakan sebanyak 193 juta orang akan melakukan mudik tahun ini. Dari total jumlah tersebut, ada 28,4 juta di antaranya berasal dari Jabodetabek.

“Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Badan Kebijakan Transportasi (BKT), terdapat tren peningkatan potensi pergerakan masyarakat secara nasional pada masa lebaran 2024 yaitu sebesar 71,7% dari jumlah penduduk Indonesia sebanyak 193 juta orang,” kata Budi dalam jumpa pers virtual persiapan mudik 2024, Minggu (17/3).

Sementara itu, sebanyak 28 juta orang diperkirakan akan meninggalkan Jabodetabek. Budi menyebut pemudik Lebaran tahun ini akan meningkat.

“Dari angka tersebut sebesar 14,6 persen atau 28,4 juta orang penduduk Jabodetabek akan melakukan perjalanan di masa mudik Lebaran 2024, hal ini mengindikasikan bahwa terdapat kecenderungan peningkatan minat masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik Lebaran 2024 dibandingkan tahun 2023 sebesar 45,8 persen atau 123 juta orang,” katanya.

Berbagi Cerita Bersama detikcom Yuk!
detikcom mengundang para pembaca untuk berbagi cerita dan pengalaman selama menjalani mudik pada Lebaran Idulfitri 2024 ini.
Cerita dan foto dapat dikirimkan ke email redaksi detikcom di alamat redaksi@detik.com. Jangan lupa sertakan nomor telepon yang dapat dihubungi ya. Ikuti berita-berita terkini dan terkait arus mudik dan arus balik di Teman Mudik 2024
Salam sehat, semoga lancar sampai tujuan.

(mib/rfs)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *