Jakarta

Pemudik menggunakan sepeda motor di Pelabuhan Ciwandan, Banten, yang menuju Pulau Sumatera mulai berkurang, berbeda dibanding kemarin yang dipenuhi pemudik. Waktu tunggu penumpang naik kapal berkisar 20-30 menit.

Pantauan detikcom di Pelabuhan Ciwandan, Senin (8/4/2024), pukul 12.30 WIB, tenda yang disediakan untuk pemudik motor tak semuanya terisi penuh. Dari 8 sekat yang ada, hanya ada 2 sekat yang terisi.

Kondisi ini berbanding terbalik dengan H-3 Lebaran 2024 kemarin, pada jam yang sama, sekat tenda dipenuhi pemudik bahkan meluber ke jalan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kendati begitu, kedatangan pemudik motor masih berlangsung sejak pagi tadi. Puncak arus mudik diperkirakan sudah lewat, puncaknya terjadi pada H-4 hingga H-3 Lebaran 2024.

Kapolda Banten Irjen Abdul Karim mengatakan bahwa puncak arus mudik telah berlalu. Kedatangan pemudik di Pelabuhan Ciwandan maupun Merak terjadi peningkatan mulai H-5 lalu.

“Saya yakin bahwa puncak arus mudik itu kemarin yang hari ini kurang lebih cukup signifikan berkurangnya,” katanya di Pelabuhan Merak, Minggu (7/4) malam.

Data H-3 menunjukkan adanya kenaikan signifikan pemudik motor di Pelabuhan Ciwandan, kenaikan terjadi pada masa puncak arus mudik 2024. kendaraan roda dua yang telah menyeberang mencapai 22.061 unit atau naik 18% dibandingkan tahun lalu mencapai 18.753 unit.

Berbagi Cerita Bersama detikcom Yuk!
detikcom mengundang para pembaca untuk berbagi cerita dan pengalaman selama menjalani mudik pada Lebaran Idulfitri 2024 ini.
Cerita dan foto dapat dikirimkan ke email redaksi detikcom di alamat redaksi@detik.com. Jangan lupa sertakan nomor telepon yang dapat dihubungi ya. Ikuti berita-berita terkini dan terkait arus mudik dan arus balik di Teman Mudik 2024
Salam sehat, semoga lancar sampai tujuan.

(rfs/rfs)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *