Jakarta

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan penyebab kecelakaan Tol Jakarta-Cikampek KM 58 yang menewaskan 12 orang masih didalami. Ia mengatakan yang paling utama saat ini adalah melakukan pencegahan.

“Untuk penyebab laka sedang dilakukan pendalaman, namun demikian yang paling utama saat ini adalah mencegah agar ini tidak terulang lagi apalagi ini masih dalam situasi arus mudik,” kata Sigit kepada wartawan di RSUD Karawang, Jawa Barat, Senin (8/4/2024).

Sigit menyebut jumlah pemudik tahun ini jumlahnya sangat luar biasa. Untuk itu, ia mengingatkan pentingnya sosialisasi masif sebagai bentuk pencegahan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Sehingga kita harapkan, sosialisasi yang juga semakin masif mengingatkan kepada para pengendara, kepada para pengemudi kendaraan untuk betul-betul berhati-hati karena memang arus mudik kali ini jumlahnya sangat luar biasa,” ujarnya.

Sigi lantas mengimbau agar pengemudi yang lelah untuk beristirahat dan tidak dipaksa berjalan. Dia menyebut kalau bisa siapkan pengemudi cadangan.

“Oleh karena itu, bagi yang kelelahan jangan dipaksa silakan istirahat dan juga bila perlu persiapkan pengemudi cadangan sehingga bisa bergantian,” ujarnya.

Kapolri meninjau RSUD Karawang bersama Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, dan Menhub Budi Karya Sumadi. RSUD Karawang menjadi lokasi perawatan dan indentifikasi korban.

“Yang tentunya ini adalah peristiwa yang sebenarnya tidak kita inginkan. Namun demikian ini menjadi satu musibah dan dan menjadi bahan evaluasi,” ujarnya.

Diketahui ada 12 orang yang dipastikan tewas dalam kecelakaan maut dua mobil dengan satu bus di Km 58 Tol Japek. Menko PMK Muhadjir Effendy menyebut korban tewas terdiri atas tujuh pria dan lima perempuan.

“(Korban tewas) tujuh laki-laki, lima perempuan,” terang Muhadjir di RSUD Karawang, Senin (8/4).

“Mengenai korban yang luka ringan dua, luka berat juga satu yang bisa disaksikan bahwa itu berasal dari bus, dari kondektur, dan satu penumpang,” ungkap Muhadjir.

(eva/imk)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *