Jakarta

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan puncak arus mudik Lebaran 2024 di tol terjadi pada H-4 Lebaran. Dia mengatakan puncak arus mudik kali ini sudah terlampaui dengan baik.

Hal itu disampaikan Jenderal Sigit saat melakukan peninjauan di Tol Jakarta-Cikampek Senin (8/4/2024) bersama Menhub Budi Karya Sumadai dan Panglima TNI Jenderal Agus Subianto. Peningkatan arus mudik terlampaui setelah melihat empat gerbang tol utama Trans Jawa.

“Untuk pelaksanaan kegiatan arus mudik di jalur tol yang tadi baru saja dilaporkan, dengan memperhatikan proses pergerakan mulai dari 4 gerbang tol utama. Mulai dari awal masuk di KM 50 sampai dengan 414 Kalikangkung secara umum mengalami peningkatan dalam hal pengaturan terkait puncak-puncak arus mudik,” kata Jenderal Sigit di Gerbang Tol Cikatama.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Jadi tadi dilaporkan bahwa terjadi persebaran, penambahan jumlah sekitar 6% sampai 7% dibandingkan mudik tahun 2023. Namun untuk puncak arus mudiknya bisa terlampaui dengan baik,” lanjutnya.

Sigit membandingkan arus mudik tahun ini dengan tahun 2023 dan ternyata ada pergeseran puncak arus mudik. Dia menyebut mudik tahun ini sudah terorganisir dengan bagus dibandingkan tahun lalu.

“Jadi kalau 2023 di H-3 kalau ini bergeser di H -4 dengan tingkat puncak arus mudiknya yang turun dan ini tersebar di hari-hari sebelumnya. Secara managemen ini sudah bagus,” ucapnya.

Sigit menyampaikan waktu tempuh jarak pemudik terjadi peningkatan. Yang sebelumnya jarak tempuh memakan waktu 8 jam, kini hanya 6-7 jam.

“Dan tentunya dengan membandingkan tahun 2023 dan 2024 maka tadi didapatkan satu rumusan untuk menghadapi arus mudik nanti di 2025. Demikian juga arus balik yang akan kita hadapi sebentar lagi dan juga terjadi penigkatan kecepatan untuk pencapaian dari mulai start Jateng biasanya 8 jam, kali ini menjadi 6,7 jam. Jadi ada perbaikan,” imbuhnya.

Berbagi Cerita Bersama detikcom Yuk!

detikcom mengundang para pembaca untuk berbagi cerita dan pengalaman selama menjalani mudik pada Lebaran Idulfitri 2024 ini.

Cerita dan foto dapat dikirimkan ke email redaksi detikcom di alamat redaksi@detik.com. Jangan lupa sertakan nomor telepon yang dapat dihubungi ya.

Ikuti berita-berita terkini dan terkait arus mudik dan arus balik di BRI Teman Mudik.

Salam sehat, semoga lancar sampai tujuan.

(ond/dek)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *