Bogor

Menteri Perekonomian dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno menyoroti praktik percaloan hingga pemalakan di lokasi wisata, khususnya di Kabupaten Bogor. Dia meminta pengelola tempat wisata untuk mencegah aksi itu terjadi.

“Jangan sampai ada percaloan, jangan sampai ada pemalakan, dan kita harapkan juga destinasi desa-desa wisata ini, terutama sekitar Puncak ini seperti Desa Batulayang, Tugu Utara, ini mempersiapkan diri untuk menghadirkan pariwisata yang lebih berkualitas dan berkelanjutan,” kata Sandiaga di Puncak, Bogor, Senin (8/4/2024).

Sandiaga menyebutkan kunjungan wisatawan lokal ke Kabupaten Bogor mencapai 12,7 juta dan wisatawan asing mencapai 500 ribu orang. Ia meminta Pemkab Bogor menyediakan amenitas destinasi, baik hotel maupun wisata alam dan budaya.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Berdasarkan data BPS, kunjungan wisatawan yang datang ke Kabupaten Bogor ini sudah mencapai 12,7 juta dan wisman (wisatawan mancanegara) juga meningkat hampir 500 ribu. Yang perlu ditambah ini adalah amenitas destinasi wisata, baik hotel bintang maupun juga potensi wisata buatan alam dan budaya,” kata Sandiaga.

Pemkab Bogor Siap Sambut Wisatawan

Pj Bupati Bogor Asmawa Tosefu menyatakan menyambut pesan dari Sandiaga. Dia mengatakan Pemkab Bogor telah siap menyambut wisatawan selama libur Lebaran 2024.

“Kami haya ingin menyampaikan bahwa seluruh jajaran Pemkab Bogor, termasuk Forkopimda, TNI, Polri, Basarnas sifatnya siap untuk menyambut wisatawan di Kabupaten Bogor karena ini salah satu potensi yang ada di Kabupaten Bogor. Maka kami tentu harus mempersiapkan semua. Bukan hanya infrastruktur, fisik, tetapi juga personil di lapangan yang berhubungan dengan wisatawan, dan UMKM,” kata Asmawa di tempat yang sama.

Dia menyebut pihaknya juga telah menyiapkan mitigasi bencana untuk memastikan kenyamanan pengunjung selama berlibur di Kabupaten Bogor.

“Kami laporkan juga terkait mitigasi bencana di lokasi lokasi wisata juga sudah kami persiapkan, dan kami tugaskan semua personil untuk stanby dalam rangka memastikan memberikan kenyamanan wisatawan yang berlibur, karena ini cukup panjang liburannya sehingga dipastikan liburnya menyenangkan,” sambungnya.

(sol/ygs)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *