Jakarta

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengajak masyarakat untuk patuhi pengaturan yang diterapkan sepanjang arus mudik. Hal itu bertujuan untuk menekan angka kecelakaan dan mewujudkan libur Lebaran yang berdampak positif terhadap perekonomian nasional.

“Berbagai upaya untuk menciptakan arus mudik yang aman dan lancar harus dipatuhi. Selain untuk menciptakan keselamatan bersama, arus mudik yang aman dan nyaman berpotensi mendorong pertumbuhan ekonomi nasional,” kata Lestari Moerdijat dalam keterangannya, Senin (8/4/2024).

Mengutip Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia, perputaran uang selama Ramadan dan libur Lebaran diperkirakan akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi pada kuartal 1-2024 dan diprediksi mencapai Rp 157,3 triliun.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sementara, catatan Divisi Humas Polri menyebutkan di masa arus mudik sampai dengan Minggu (7/4), terjadi 213 kecelakaan lalu lintas dengan korban 23 orang meninggal dunia, 39 orang luka berat, dan 267 orang luka ringan.

Oleh karena itu, dirinya mengimbau semua pihak untuk tetap mematuhi sejumlah pengaturan yang diterapkan pemerintah. Termasuk aparat Kepolisian yang mengatur arus mudik dan balik sepanjang libur Lebaran.

“Tidak mudah mengatur jutaan orang yang bergerak pada rentang waktu yang hampir bersamaan,” tuturnya.

Dia berpendapat hanya dengan kerja sama yang baik antar kementerian dan lembaga, aparat keamanan, serta masyarakat maka arus mudik yang aman dan nyaman dapat diwujudkan.

“Tanpa kerja sama yang baik semua pihak, akan menimbulkan kemacetan di sana-sini yang menimbulkan ketidaknyamanan dan keterlambatan yang berpotensi mengganggu kesehatan fisik dan mental, serta membahayakan para pemudik selama di perjalanan,” jelasnya.

Dia berharap perjalanan yang aman dan nyaman sepanjang arus mudik tahun ini dapat diwujudkan.

“Sehingga pergerakan jutaan masyarakat Indonesia di masa libur Lebaran ini juga dapat menjadi bagian pendorong pertumbuhan ekonomi nasional,” tutupnya.

Simak Video “Berkendara Jauh saat Mudik, Penting untuk Istirahat dan Stretching
[Gambas:Video 20detik]

(ncm/ncm)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *