Jakarta

Warga Negeri atau Desa Wakal, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, melaksanakan salat Idul Fitri 1445 Hijriah pagi ini. Idul Fitri di desa tersebut ditetapkan jatuh pada hari ini.

Dilansir detikSulsel, Salat Id dipusatkan di Masjid Nurul Awal yang berada di desa tersebut. Raja atau Kepala Desa Wakal Ahaja Suneth membenarkan hal tersebut.

“Iya betul, kita menetapkan Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah hari ini Senin, 8 Maret 2024. Penduduk desa pun sudah melaksanakan salat Id di Masjid Nurul Awal tadi,” kata Ahaja Suneth kepada detikcom, Senin (8/4/2024).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ahaja menjelaskan penetapan Idul Fitri di desa tersebut telah dirapatkan dengan Imam Masjid Nurul Awal, penghulu, para tokoh adat dan tokoh agama pada Jumat (5/4) malam. Dari hasil rapat itu ditetapkan Lebaran jatuh pada Senin (8/4) yang didasari dengan metode hisab.

“Imam, penghulu dan para tokoh tersebut melakukan rapat perhitungan hisab dan hasilnya menetapkan Lebaran jatuh pada hari ini,” jelasnya.

Ahaja mengatakan metode tersebut secara turun temurun dipraktikkan oleh para leluhur. Sistem hitungnya, kata Ahaja berpatokan pada kalender hijaiah tua yang tersimpan di Masjid Nurul Awal.

“Jadi lebaran tahun ini (2024) jatuh pada huruf Ja. Kita hanya melanjutkan ilmu dari para leluhur mengenai metode hisab tersebut baik saat penetapan lebaran maupun awal puasa,” jelasnya.

Baca selengkapnya di sini.

(dek/imk)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *