Jakarta

Pemimpin Vatikan, Paus Fransiskus, akan mengunjungi Indonesia. Sekretaris Jenderal Keuskupan Agung Jakarta, Romo V Adi Prasojo, mengatakan Paus Fransiskus akan berkunjung ke Indonesia sekitar bulan September.

“Ini kan kunjungan kenegaraan, jadi kita ikuti arahan dari pemerintah. Kemungkinan di bulan September. Ya kita doakan semoga jadi ya,” ujar Romo Adi saat ditemui di Gereja Katedral, Jakarta, Jumat (29/3/2024).

Meski begitu, Romo Adi belum bisa menginformasikan tanggal kunjungan Paus Fransiskus pada September nanti. Dia mengatakan pemerintah yang akan mengumumkan secara resmi, karena kunjungan Paus Fransiskus juga merupakan kunjungan kenegaraan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Iya September, tanggalnya belum bisa kami informasikan,” kata dia.

“Karena menunggu pengumuman Bapak Presiden dan pihak pemerintah,” tambahnya.

Romo Adi menyampaikan, kunjungan Paus Fransiskus nantinya merupakan kunjungan bersejarah. Kunjungan itu akan menjadi kunjungan Paus ketiga di Indonesia.

“Dan ini Paus ketiga yang datang ke Indonesia setelah kemerdekaan. Juga perlu temen-temen ketahui beliau sebagai pemimpin tertinggi umat Katolik sedunia, Kepala Negara Vatikan,” sebutnya.

Romo Adi mengatakan kunjungan itu sebenarnya telah disepakati sejak tahun 2020. Namun pada saat itu terjadi pandemi COVID-19 sehingga kunjungan baru bisa dilakukan tahun ini.

“Sebenarnya rencana kunjungan itu telah disepakati bulan Oktober 2020. Tapi karena kita tahu pandemi mulai Maret jadi istilahnya tertunda, bukan batal,” sebutnya.

(jbr/jbr)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *