Jakarta

Terminal Kampung Rambutan mulai didatangi pemudik lebaran 2024. Beberapa pemudik pun terlihat menempati ruang tunggu di Terminal Kampung Rambutan.

Pantauan detikcom di lokasi, Jumat (29/3/2024) pukul 16.30 WIB, terlihat beberapa pemudik membawa koper hingga kotak kardus. Ada juga dari mereka yang membawa tas punggung maupun tas jinjing.

Sementara di dekat ruang tunggu terminal, terdapat sebuah tenda berwarna merah putih lengkap dengan kursi di dalamnya. Ada juga sebagian penumpang yang menempati tenda tersebut untuk menunggu bus.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kepala Terminal Kampung Rambutan, Yulza Ramadhoni membenarkan bahwa pemudik mulai berdatangan. Namun dia menyebut untuk puncak arus mudik di terminal Kampung Rambutan diprediksi bakal terjadi mulai tanggal 7 April 2024.

“Puncak arus mudik itu diperkirakan tanggal 7 atau 8 April, perkiraannya seperti itu. Kalau untuk fasilitas tambahan untuk para penumpang yang akan menggunakan Terminal Bus Kampung Rambutan kita juga menyediakan tenda bilamana nanti di ruang tunggu itu terlalu penuh,” ujar Yulza di lokasi.

Selain itu, Yulza menjelaskan bakal ada pos terpadu untuk membantu serta mengamankan para pemudik yang terdiri dari unsur Kepolisian, TNI, pengelola terminal, Dinas Perhubungan, hingga Satpol PP. Dia juga menyiapkan ruang bagi ibu menyusui dan ruang kesehatan.

Terminal Kampung Rambutan mulai didatangi pemudik lebaran 2024. Beberapa pemudik pun terlihat menempati ruang tunggu di Terminal Kampung Rambutan. (Kurniawan F/detikcom)TSuasana di salah satu sudut Terminal Kampung Rambutan. (Kurniawan F/detikcom)

Dia mengatakan pihaknya juga akan menyediakan inspeksi kelaikan kendaraan (ramp check) bagi setiap bus yang akan digunakan untuk perjalan mudik. Sementara bagi para sopir, pihak terminal juga akan melakukan cek kesehatan.

“Nanti di angkutan lebaran tersebut kita akan memastikan dari para pengemudi yang akan berangkat di Terminal Kampung Rambutan itu sudah dalam kondisi sehat, itu kita cek dari segi gula darahnya, tensinya, terus harus bebas dari narkoba segala macam itu harus kita pastikan mereka sudah laik untuk mengemudikan kendaraan dari terminal,” terang Yulza.

Dia pun meminta bagi para penumpang untuk menghindari pembelian tiket pada calo. Dia mengimbau agar penumpang membeli tiket keberangkatan secara resmi di loket yang tersedia di terminal.

“Penumpang ketika akan berangkat yang pergi go show dari Terminal Kampung Rambutan pastikan tiketnya sudah sesuai, sudah sesuai dengan tujuan dengan harga yang sudah ditentukan dari operator busnya supaya tidak terjadi kerugian dari para penumpang seperti itu,” imbuhnya.

(jbr/jbr)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *